Nasihat ibnul qayyim untuk renungan

​Assalamualaikum wr wb

*Janganlah bebankan dirimu dengan kerisauan tentang dunia karena urusan dunia milik Allah*

*Janganlah bebankan dirimu dengan kerisauan tentang rezeki karena rezeki datang dari Allah*

*Janganlah bebankan dirimu dengan kerisauan tentang masa depan karena masa depan di Tangan Allah*

*Apa yang engkau perlu risau hanyalah satu perkara saja, yaitu bagaimana engkau membuat Allah ridha kerana sekiranya engkau membuat Allah ridha, Dia akan ridha padamu. Apabila Dia ridha padamu, Dia akan melindungimu dan mencukupkan keperluanmu*

 *Imam Ibn Qayyim*

Ketika manusia berdo’a, “Ya Allah ambillah kesombonganku dariku.” Allah berkata, “Tidak. Bukan Aku yang mengambil, tapi kau yang harus menyerahkannya”
Ketika manusia berdo’a, “Ya Allah sempurnakanlah kekurangan anakku yang cacat.” Allah berkata, “Tidak. Jiwanya telah sempurna, tubuhnya hanyalah sementara, didiklah dia agar taat kepadaKU maka jika dia berbuat taat sempurnalah dia dimataKU”

🌾

Ketika manusia berdo’a, “Ya Allah beri aku kesabaran.” Allah berkata, “Tidak. Kesabaran didapat dari ketabahan dalam menghadapi cobaan, tidak diberikan, kau harus meraihnya sendiri”
Ketika manusia berdo’a, “Ya Allah beri aku kebahagiaan.” Allah berkata, “Tidak. Kuberi keberkahan, kebahagiaan tergantung kepadamu sendiri untuk menghargai keberkahan itu”

🍂

Ketika manusia berdo’a, “Ya Allah jauhkan aku dari kesusahan dan rasa sakit.” Allah berkata, “Tidak. Penderitaan menjauhkanmu dari jerat duniawi dan mendekatkanmu pada-Ku. Dan jika kau bersabar maka gugurlah dosa-dosamu karenanya”
Ketika manusia berdo’a, “Ya Allah bantu agar hatiku selalu terpelihara, senantiasa ikhlas dan berserah diri dengan segala ujian dari-MU.” dan Allah-pun berkata, “Akhirnya kau mengerti !”

🍃

Yakinlah .. Allah tau apa yang paling baik untuk kita. Yang harus kita lakukan adalah lakukan ibadah lahir batin dengan ikhlas, jangan melakukan ibadah karena ada ” mau nya saja ” iringi dengan ikhtiar, itulah sebaik-baik permohonan 
Allah paling menyukai hamba-NYA yang banyak berdo’a dan meminta kepada-Nya, arti banyak disini adalah dalam rangka ibadah kepada-NYA dengan ikhlas.
 Semoga bermanfaat…🌴👳

Advertisements