Makna ribath

๐Ÿ’ง๐Ÿ’ฆ EMBUN PAGI๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ง

Sabtu, 11 Maret 2017

12 Jumadil Tsani 1438 H

~~~~~~~~
๐Ÿ€

dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: *”Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dapat menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?”* Mereka menjawab, โ€˜Tentu, wahai Rasulullah.โ€™ Beliau bersabda: *”Menyempurnakan wudhu pada anggota badan yang tidak disukai, banyak berjalan ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah shalat, itulah ribath.”* ( HR Muslim 251)
๐ŸŒธ

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan  termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS At Taubah: 18)
*Ribath=

Ribath asalnya bermakna menahan diri dari sesuatu. Disebut ribath di sini maksudnya orang yang melakukannya berarti menahan diri untuk melakukan amalan tersebut terus menerus (menyempurnakan wudhu saat sulit, banyak melangkah ke masjid, dan menunggu shalat). 
Ada juga yang memaknakan yang dimaksud adalah itulah ribath (penjagaan) yang paling afdhal. Yang lainnya mengatakan bahwa yang dimaksud adalah itulah ribath yang paling mudah dan mungkin dilakukan.

Advertisements